GambarBanyak sekali kendala yang dialami remaja zaman sekarang tentang hubungan pacaran yang hanya dikarena kurangnya pengertian dengan pasangannya. Semoga tips di bawah ini bisa membuat kita semakin mempererat hubungan dengan pasangan kita.

1. Selalu Puji pasangan kamu kalau dia tampil cantik/keren
Berikan pujian juga kalau dia melakukan sesuatu yang membanggakan. Setiap orang pasti selalu senang kalau dipuji. Tapi jangan berlebihan, nanti malah kesannya nggak tulus dan dibuat-buat.
Yang perlu diingat: Kalau kamu rajin muji pacar kamu, jangan keterusan juga untuk memuji orang lain, misalnya pacar temen kamu, mantan pacar, atau orang-orang lain. Suasana yang udah romantis dijamin pasti jadi runyam!

2. Katakan kalo kamu mencintainya
Buat para cewek jangan ragu juga yah kalo sekali-sekali ngomong tentang isi hati kamu kalo kamu mencintai dan menyayangi pasangan kamu.

3. Saling Mengerti dan Memahami
Ketika yang satu lagi bermasalah dan marah- marah, pasangan nya seharusnya bisa lebih bersabar menghadapi dan membantu menenangkan pasangannya. Begitu pula sebaiknya.

4. Tetap menjadi diri sendiri
Jangan pernah berubah menjadi seseorang yang berbeda demi pasangan kita. Kalo pacar kita menginginkan itu, pasti sebenarnya bukan dia yang terbaik dari kita. Karena sebenarnya pacar kita masih terobesesi dengan ‘seseorang’.

5. Setia
Selalu setia kepada pasangan kita “nothing less and nothing more, just u and me” kaya lagu Hillary Duff. Jangan pernah berpikir untuk mencoba dan mencari sampingan. Coba sebelum melakukannya kalian pikirkan kalo kamu yang ada di pihak si dia, oke.. Jadi jangan coba-coba flirting ya…hehehe

6. Jujur
Ceritakan semua masalah kamu ke pasangan kita. Inget fungsi pasangan adalah untuk saling melengkapi. Jadi pasangan kita bisa membantu memecahkan masalah, walaupun mungkin terkadang sebagai temen curhat, tapi setidaknya seringkali saran menjadi titik kunci yang cukup berarti untuk pasangannya yang sedang bermasalah.

7. Kirim Bunga, kartu, atau sms/mms yang nunjukin perhatian dan besarnya rasa cinta kamu terhadapnya
Walaupun kadang-kadang cewek-cewek suka bilang itu norak, tapi kalau dikasih pasti dalam hatinya berbunga-bunga dan bahagia. Perhatian kecil yang spesial kayak gitu pastinya bikin hubungan kamu berdua tambah hangat.

8. Saling menghargai dan menghormati
Ketika berhubungan dengan lawan jenis baik masa pacaran, pertunangan, dan pernikahan hal yang paling perlu dilakukan adalaah saling menghormati dan menghargai dengan pasangannya. Tanpa harus merasa dirinya lebih hebat daripada pasangannya.

9. Hibur saat ia sedih
Jika pasanganmu sedih, taukah kamu tanpa harus mengatakannya? Cobalah untuk belajar membaca bahasa mimik wajah dan hatinya. Sebab kalo tidak semua orang bisa mengkomunikasikan kesedihannya. Lalu, jika kamu menemukannya dalam kesedihan, hiburlah. Tanpa harus banyak berkata-kata, temani dia dalam kesedihannya. Okey!

10. Beri Kejutan
Ini resep mesra yang paling populer dan ampuh. Pada umumnya, siapa aja pasti senang dapet kejutan dari pasangannya. Nggak perlu repot-repot bikin candlelight dinner diatas gunung. Cukup kirim kartu bikinan sendiri, beli hadiah-hadiah kecil, itu semua udah cukup mempan bikin pasangan kamu makin cinta. Kalau mau yang spesial banget, siapin makan malam romantis dengan masakan bikinan kamu atau kirim kue ulang tahun kecil bikinan kamu untuk dimakan berdua… pasti tambah disayang pacar.

11. Terima apa adanya
Selalu menerima keadaan si dia, baik kekurangan atau kelebihannya dengan lapang dada.

12. Tetap membiarkan si dia memiliki lingkungannya sendiri
Jangan pernah membatasi hubungan, walapun dia sudah jadi milik kamu alias jangan posesif. Biarkan kamu dan dia tetep punya temen-temennya sendiri.

13. Kenali kesukaannya dan Hindari ketidaksukaannya
Taukah kamu apa yang disukai pasanganmu? Hobinya? Makanan kesukaannya? Tempat favoritnya? Nggak tau?! Wah, payah. Coba kenali, kalo perlu tanyakan, lalu cobalah untuk senantiasa berempati dengan kesukaan sahabatmu itu. Jika sahabatmu tidak menyukai sesuatu cobalah untuk menahan diri untuk tidak menghadirkan sesuatu yang tidak disukainya itu dihadapannya. Kalaupun kesukaan dia tidak menjadi kesukaanmu, hormatilah. Karena kita juga ga mungkin memaksakan diri untuk menyukai sesuatu yang benar-benar kita tidak mungkin sukai.

14. Berantem?? Ga apa apa kok!!
Kalo sampe terjadi berantem, berusahalah mengerti kondisi dia saat itu. Saling menenangkan diri.Kemudian bicarakan lagi baik-baik masalah dan jalan keluarnya. Pasti ketemu, yang penting salah satu harus sabar dan bisa memahami pasangannya!! Karena kalo positif, berantem itu kaya bumbu yang bisa bikin kita tambah mesra loh hehehe..

15. Jangan bersikap berlebihan
Biar bagaimanapun kalo yang namanya berelebihan itu gak bakalan baik, karena bisa banyak akibatnya. Kalo terlalu baik, pasangan kita juga jadi nge-lunjak. Terlalu royal, pacar kita jadi matre. Terlalu pelit, pacar juga lari…ya sedeng-sedeng aja lah pokonya.. Yang penting jadi diri sendiri aja.

16. Hargailah pasangan
Terimalah keadaan pasangan apa adanya dengan kerendahan hati, janganlah melakukan tuntutan agar pasangan menyesuaikan diri karena itu bukanlah bentuk penghargaan, melainkan sebuah intervensi / tekanan dan yang akan mengakibatkan pasangan tidak merasa nyaman / tenang, sehingga itu beresiko hubunganpun bisa terganggu.
Biarkan pasangan mengubah dirinya sendiri, biarkan dia memiliki kesadaran diri yang penuh, bahwa perubahan yang ia lakukan bukanlah karena tuntutan orang lain, melainkan karena rasa cintanya kepadamu dan sudah sepantasnya kamu pula yang harus menyesuaikan diri terhadap pasanganmu.

17. Teman Berbagi Rasa
Janganlah menyimpan sesuatu dan menunda-nunda untuk mencurahkan perasaan kepada pasanganmu, karena itu membuatnya merasa menjadi orang yang tidak mampu mengerti apa yang kamu rasakan, sehingga akhirnya diapun menjadi segan berbagi rasa karena awalnya merasa kamu tifak pernah memperhatikannya.
Prinsip hubungan tidak boleh mengesampingkan pasangan, banyak orang yang marah ketika mengetahui bahwa pasangan tidak mampu menampung perasaannya, akibatnya dia mencurahkan semua yang dia alami kepada orang lain, dan ketika teman curhatnya ternyata lawan jenis, maka tidak usah heran jika lama-lama muncul benih-benih asmara di antara keduanya.

18. Bersabar
Bersabar berarti kamu harus mau mengerti pasangan dengan berusaha memberi yang terbaik untuk pasangan, janganlah melakukan sesuatu yang kamu sendiri tidak ingin pasangan melakukannya untukmu, artinya janganlah melakukan apapun yang membuat pasanganmu marah, jika kamu sendiri tidak mau diperlakukan hal yang sama.
Dengan bersikap sabar tentunya Ini akan membuatmu semakin mampu mengendalikan diri, sehingga akhirnya kamu selalu menjaga sikap, tutur kata, perilaku dan tidak membuat hal yang kurang baik / sakit hati, andaikan hubungan sampai ada yang sakit hati, maka biasanyapun akan ada dendam untuk membalas, pastinya itu akan lebih menyakitkan.

19. Tingkatkan Kualitas Komunikasi
Komunikasi yang berkualitas seringkali bisa menjadi perekat hubungan, komunikasi yang berkualitas akan membuat pasangan merasa kamu bisa menjadi teman diskusi dan pendengar yang baol, sehingga pasanganpun akan merasa nyaman.
Setiap orang ingin perkataannya di dengar dan ditanggapi dengan aktip, maka biarkanlah pasangan mengutarakan apa yang ingin disampaikannya kepadamu, yang penting tanggapilah dia dengan positip.

20. Jadilah motivator
Setiap orang pasti mempunyai masalah, begitu pula dengan pasanganmu dan seringkali pula ada masalah yang tidak bisa diselesaikannya sendiri, sehingga peranmu saat itu sangat dibutuhkan, karena kamulah orang yang paling dekat dengannya, oleh karena itu kamu harus bisa menjadi motivator untuk memberikan dorongan agar pasanganmu tidak menyerah kepada masalah yang sedang dia hadapi.
Keterbukaan dan kejujuran adalah sangat memegang peranan penting, semakin kamu mengetahui hal-hal tentang pasanganmu, maka semakin memudahkan pula bagimu untuk memberikan motivasi kepadanya. …..
Penting bagimu untuk tetap konsisten kepada sikap terbaikmu, selama kamu sudah berusaha menumbuhkan dan meyakinkan kualitas dirimu, semoga pasanganmupun bisa mengerti dan bersama-sama menjaga hubungan kalian.

Nah itulah tips untuk memahami suatu hubungan, bangunlah sebuah hubungan dengan cara mengerti pasangan kita karena dengan itu kita dapat mempunyai bekal untuk menilai dan membuat keharmonisan yang abadi. Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Good Luck.

SUMBER:

http://www.yepishare.com/2012/01/20-tips-agar-dapat-mengerti-pasangan.html